Sarang Lebah

Voice of borneo | 05.46 | 2 komentar

Membentuk koloni baru dengan bentuk setengah lingkaran, inilah cikal sarang lebah Aphis dorsata yang biasa disebut lebah madu hutan. Lebah lebah ini akan datang ketika musim bunga telah mekar dan memilih lokasi sarang pada jenis jenis kayu tertentu yang memiliki dahan yang kokoh dan aman.
Masa pembentukan sarang diawali dengan membentuk sarang muda dan berkembangbiak dalam koloni.
Jenis sarang yang berada pada dahan pohon tersebut biasanya disebut lalau , lalau terletak dipohon pohon besar dan ukuran sarangnya jauh lebih besar dibandingkan type lainnya yakni Tikung dan Repak. Sarang berada di dahan-dahan pohon, biasanya dalam satu pohon bisa terdiri dari sekitar 50 koloni. Pohon Lalau kalau dirawat biasanya setiap tahun akan dihuni lagi oleh koloni lebah. Kepemilikan sarang berdasarkan kepemilikan pohon. Pohon Lalau juga dilindungi oleh hukum ada di Masyarakat yang mendiami kawasan Taman Nasional Danau Sentarum
Memang proses pembuatannya tanpa campur tangan manusia dan bersifat alami namun masyarakat yang menjaga dan merawat pohon dimana lebah lebah tersebut bersarang merupakan kontribusi yang dihargai oleh warga setempat, karena itu pohon pohon yang menjadi tempat bersarang selalu terjaga dan lestari.
Jumlah sarang akan menentukan jumlah produksi madu hutan yang akan diperoleh setiap masa panen, kapasitas produksi berkisar antara 5 - 20 kg per sarang dan masa panen biasanya dilakukan saat kondisi sarang sudh matang, pengetahuan menilai sarang yang sudah siap panen ini juga menjadi khasanah pengetahuan yang luarbiasa di masyarakat adat.

Category: , , ,

Voice of Borneo:
Saya sangat menghargai komentar yang membangun dan bertanggungjawab

2 komentar:

  1. Melihat foto diatas jadi ingat dongen Kancil dan Tambur Nabi Sulaeman..Jadi ini yg dipukuli oleh harimau, yg membuat lebah2 di dalam marah lalu membalas sang penyerang dengan menyengatinya?

    Terus agar para pemanen madu tak disengat lebah gimana caranya Bang? Di dalam pasti banyak sekali lebah yang akan terganggu jika madunya kita ambil?

    BalasHapus
  2. Maaf baru membalas, tekhnik mengusir lebah agar tidak menyerang saat proses pemanenan adalah menggunakan asap yang dibakar dari wadah khusus. diperlukan sikap hati hati agar lebah tidak ada yang mati ataupun terbakar , apabila ada yang mati maka akan mengundang lebah lain menyerang sang pemanen. Pemanenan hanya dilakukan pada kantong madu saja, larva yang masih berada disarang dibiarkan dan tetap hidup

    BalasHapus