Eksotisme busana gadis gadis pedalaman Borneo

Voice of borneo | 21.01 | 1 komentar

Gadis Dayak , by Rudi Zaparisa
Borneo ...kawasan cantik yang menyisakan misteri untuk disimak, bukan hanya memiliki keindahan dan kekayaan alamnya, namun juga dihuni oleh masyarakat yang menjaga tradisi dan budayanya. Komunitas Dayak merupakan penduduk asli di Borneo dan tersebar di pulau ini memiliki kekayaan budaya yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Keindahan busana tradisional masyarakat Dayak ini bisa ditemukan pada saat perayaan hari besar seperti Pesta padi dan perkawinan.
Setiap sub suku Dayak memiliki keunikan dalam busana tradisionalnya , busana tradisional ini  merupakan ekspresi seni dan kekayaan intelektual yang bernilai tinggi. Busana perempuan terdiri dari elemen yang kaya dengan warna, bahan dan eksotisme, Elemen dasar yakni pada terdiri dari baju dan rok . Pada setiap elemen dihiasi dengan motif simbol yang bercerita tentang maknanya. Elemen ini dibuat dari kain tenun yang diproduksi secara tradisional oleh perempuan perempuan Dayak. Pengetahuan desain busana ini juga sebuah kekayaan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi, Warna dasar yang dominan adalah warna merah, hitam dan putih, dengan kombinasi warna warni yang membentuk mozaik sehingga memiliki pesona yang menarik.
Selain busana dasar , kelengkapannya adalah ornament atau hiasan kepala yang dibuat dari bahan kain dan dikombinasikan dengan bulu bulu burung enggang gading yang menjadi simbol kekuatan dan kelembutan.

ornament kepala

busana wanita

busana wanita
Beberapa jenis busana juga dibuat dari perpaduan bahan kain dan kulit kayu, warnanya lebih cenderung alami dan mengikuti warna aslinya.
Balutan lembut dengan ornament kepala yang menutup halusnya kulit mulus gadis gadis Borneo ini membuat kita berada pada etalase show kecantikan...luar biasa , perjalanan semakin jauh menembus jantung borneo menyisakan misteri yang tak pernah terungkap, setiap langkah menyimaknya semakin menambah keingintahuan dari misteri kecantikan borneo.
Sejarah mode pakaian adat ini berkembang seiring pengetahuan dalam sejaah kebudayaan Borneo, aspek artistik selalu memiliki makna dan menjadi simbol dari keseharian mereka. Dibeberapa komunitas Dayak Borneo bisa ditemukan beberapa ornament alami seperti gelang dari tulang binatang yang telah diukir dan dihaluskan, batu manik yang mereka asah dari bebatuan disekitarnya hingga logam mulia yang menjadi kekayaan alamnya. Kebudayaan busana ini berkembang baik disetiap komunitas Dayak Borneo dan sangat beragam dengan keunikan dan artistik.

Category: , ,

Voice of Borneo:
Saya sangat menghargai komentar yang membangun dan bertanggungjawab

1 komentar:

  1. bukan hanya unikk di pakaiannya, modelnya cantik dan ganteng Bang. Menambah eksotis suku dayak :)

    BalasHapus