Perempuan dan Anyaman

Voice of borneo | 03.54 | 0 komentar

Menganyam merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh kaum perempuan di kampung kampung, demikian juga didalam komunitas masyarakat Iban di Kapuas Hulu. Tradisi menganyam dilakukan oleh perempuan mengisi waktu luang disela sela kesibukan aktivitas perladangan, mengurus rumah tangga dan mengasuh anak anak, Keterampilan menganyam ini diturunkan secara otodidak dan menjadi tradisi keluarga. Jenis anyaman yang diproduksi seperti tikar, bakul dan dipergunakan dalam kehidupan sehari hari.
Bahan anyaman diperoleh dari hutan dan disekitar rumah mereka , jenis bahan dari bambu, bemban atau berbagai jenis rotan. Pemilihan bahan baku berdasarkan jenis anyaman yang akan dibuat. Untuk keperluan jangka panjang biasanya mereka memilih bahan rotan karena lebih tahan lama dan bisa dipakai diluar rumah seperti untuk membawa kayu api, mengangkut padi dan sebagainya.
Motif anyaman sangat beragam dan mengandung makna tertentu, kedekatan bentuk motif dengan nuansa alamnya sangat kental. Hal ini dikarenakan karena interaksi kehidupan mereka dengan alam sangat dekat, hutan merupakan bagian yang menyediakan kebutuhan mereka.



Category: , , , ,

Voice of Borneo:
Saya sangat menghargai komentar yang membangun dan bertanggungjawab

0 komentar