Sui Pelaik menyimpan Pesona dibalik rimbunnya hutan Borneo

Voice of borneo | 19.11 | 4 komentar


Perjalanan menuju sui Pelaik menempuh waktu sekitar 3 jam dengan speed boat melewati taman nasional Danau Sentarum dan menyusur sungai Leboyan , salah satu dusun yang masih terioslir dan hanya dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan perahu atau speed boat. sejarah kampung pelaik ini  berawal dari pengembaraan komunitas iban di sepanjang benua Lanjak dan Badau, menurut beberapa informasi riset karakter Iban lebih cenderung nomaden dan tersebar diberbagai kawasan dataran tinggi. Seiring perkembangan waktu komunitas ini berpindah dari perbukitan peninjau kearah danau sentarum. mungkin ini tempat terakhir dan menetap sampai generasi nanti demikian menurut Pak Burung kepala kampung Sui Pelaik.
Keseharian mata pencaharian masyarakat Iban di Sui Pelaik adalah berladang, menyadap karet dan meramu berbagai hasil hutan seperti rotan, tanaman obat, buah buahan hutan dan berburu. Pada musim tertentu mereka juga menjadi nelayan dengan menggunakan alat tangkap seperti bubu dan pengilar. Pengilar dibuat dari rotan berbentuk kubus dan dipasang dipinggir atau dasar sungai untuk menangkap ikan ikan berukuran besar. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan eksotis danau sentarum dan berbagai jenis binatang seperti burung, bekantan, bahkan bila beruntung kita bisa bertemu dengan orangutan.
mari kita kenali beberapa diantaranya hehehehehe

Bekantan (Nasalis larvatus) adalah satwa yang tergolong ke daIam ordo Primata, Famili Cercophithe Cidae, Subfamili Coleginae. Satwa ini hidup endemik di Taman nasional Danau Sentarum dan hutan rawa basah  Kalimantan. Bekantan biasanya disebut orang lokal Kera Belanda atau rancong, karena memiliki hidung yang menonjol agak lebar menggantung kedepan seperti hidung orang belanda. dalam bahasa inggris biasa disebut Proboscis Monkey. Selain mempunyai hidung yang panjang, Bekantan juga mempunyai morfologi yang khas yaitu mempunyai selaput diantara jari kaki dan tangan serta sistem pencenaan yang sama dengan rusa, jerapah. sapi, domba. dan kambing yang disebut Rominansia, dan juga mempunyai sistem sosial yang unik dihabitatnya.
Habitat bekantan sangat terbatas pada tipe hutan rawa gambut, bakau serta sangat tergantung pada sungai, walaupun sebagian kecil ada yang hidup di hutan Dipterocarpaceae dan hutan karangas namun masih berada disekitar sungai. Tipe hutan yang disenangi bekantan adalah tipe Riverine Mangrove dengan sungai yang cukup besar. Kebutuhan hutan ditepi sungai bagi bekantan adalah untuk tempat bermalam dan untuk tempat berkomuikasi. Makanan yang dikonsumsi oleh bekantan terdiri dari buah?buahan, bunga, jenis paku-pakuan, cendawan, larva insecta, dan rayap. Sedangkan makanan yang paling disukai olehnya dan dijadikan sebagai makanan utamanya adalah Gauna Motleyana dan Eugenia Spp. Jenis ini banyak tersebar dipinggiran sungai hingga jauh kedarat. Bekantan memang pernilih dalam pencarian makanan yang di sukai terutama buah dan daun muda pedada (Sonneratia lanceolata) yang tumuh di hutan bakau sepanjang sungai dekat pantai. Selain itu mereka juga mengkonsunasi pucuk-pucuk dari pohon bakau tempat mereka beristirat dan bermain. 
Menarik bukan?  keberuntungan bertemu dengan kelompok besar bisa terjadi apabila kita tenang dan sabar. bila bertemu dengan kawanan ini jangan coba coba menunjuk mereka karena mereka kira telunjuk tangan kita adalah senapan dan membahayakan mereka. Cukup satu perintah dari sang ketua maka mereka akan lari dan menghindar.
Ditengah Danau Luar
 Melewati danau luar yang menghubungkan Lanjak dengan aliran sui Leboyan merupakan trek yang menyenangkan, suasana danau yang tenang dengan dikelilingi oleh perbukitan membuat nuansa seperti berada pada titik kecil dari kebesaran ciptaan Ilahi..sungguh besar Kau Allahku...
 

sarang lebah madu hutan





madu hutan dari lebah Aphis dorsata merupakan kekayaan alam lainnya yang berada disana,..dengan kearifan lokal mereka mendapatkan madu hutan alami yang berkualitas tinggi dan dipanen setiap tahun. 
Kekayaan alam dan kelimpahannya juga pada potensi ikan ikan disana, dari hasil panen ikan setiap hari menggunakan jala dan pukat diawetkan menjadi ikan asin yang enak. proses pembuatan ikan asin cukup sederhana, setelah ikan dibersihkan cukup direndam dalam tong yang telah diisi dengan garam dapur. Proses perendaman selama 1- 2 hari. setelah diangkat ikan ikan ini dijemur ditempat terbuka dan dialas dengan tikar atau bahan yang bersih, 
pesonanya lain yang sangat eksoitis adalah angrek, tidak salah bila tawaran ini bagi para penggemar angrek hutan . keanekaragaman jenis anggrek di Sui Pelaik hampir 50 jenis, masyarakat menanam anggrek disekitar kampung dan mereka telah diajarkan oleh beberapa peneliti dari Cifor (center for international forestry research) .
Kawasan Danau Sentarum menyimpan pesona Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) yang tumbuh alami di hutan sepanjang aliran Sungai Kapuas. 
interior rumah panjang Iban
Jenis anggrek alam di danau Sentarum yang telah teridentifikasi oleh tim peneliti sebanyak 135 jenis, 50 jenis anggrek ada di Sui Pelaik . Masyarakat menjaga tanaman anggrek alami yang tumbuh parasit di pohon. Setiap hari mereka selalu berkeliling di sepanjang aliran sungai menggunakan sampan. Bila ada tanaman anggrek yang jatuh ke air, akan diletakkan kembali ke pohon. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian tanaman anggrek di hutan.

Pesona yang tak pernah berakhir dan menyimpan memori untuk kembali ke Sui Pelaik, menambah cerita untuk para sahabat dan anak anak dirumah dan menyebarkan informasi bagi dunia tentang kearifan mereka terhadap bumi.


Category: , ,

Voice of Borneo:
Saya sangat menghargai komentar yang membangun dan bertanggungjawab

4 komentar:

  1. Wah aku bacanya sambil nahan napas hahaha.sungguh iri pada pekerjaan mu Bang. Sungguh mempesona tanah pedalaman kita

    BalasHapus
  2. wah, kapan-kapan bisalah aku main ke sana ni bang...

    salam kenal bang.

    BalasHapus
  3. wah...wah... saya oranmg borneo belum sempat ke Sei Pelaik, tepi sungai Kapuas.... semoga lain kali ajak dong kita

    BalasHapus
  4. ibu Evi,,,come away with me. i promise to release my story for you..
    Sergius dan Samsuni@ wellcome...bisa kita agendakan bareng kesana

    BalasHapus