Pulau Simping pulau terkecil di dunia

Voice of borneo | 21.02 | 1 komentar


Pulau Simping berada dalam kawasan teluk Mak Jantu (Mak jantu Bay) dan hanya ditempuh selama 20 menit dari kota Singkawang, Pulau ini juga merupakan bagian dari Sinka island tourism. Setelah menyusuri jalur perbukitan merupakan jalur utama menuju pulau ini. Pulau simping diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil didunia, sekilas pulau ini hanya merupakan gundukan tanah dengan bebatuan yang berada di antara perairan teluk, disana terdapat juga pekong (Kelenteng) sebagai tempat beribadah masyarakat Tionghoa. Sungguh luar biasa hari ini aku menginjakan kaki disebuah daratan kecil.
Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan berkelok kelok memotong perbukitan Mak Jantu, sepanjang jalan pepohonan khas pantai juga dominan hingga dipuncak bukit seperti kelapa, cemara , semak belukar dan beberapa jenis perdu. Satu dua masih terdengar kicauan burung dan angin pantai membuat nuansa segar sepanjang jalan. Tiba di pantai teluk Mak jantu pandangan kita seolah terarah ke pulau mungil dan membuat rasa penasaran untuk menginjakan kaki disana. Sekarang sudah dibangun jembatan yang menghubungkan pantai teluk Mak Jantu dengan Pulau Simping dan kita bisa kesana dengan melintasi jembatan permanen.
Pulau kecil dengan bebatuan dan beberapa pohon cemara ini dikeklilingi oleh ekosistem karang laut, sekilas memandangnya masih terlihat bekas bekas keindahan karangnya dengan ikan ikan kecil dan beberapa jenis kepiting pantai.Menurut cerita temanku dulu sebelum dikuasai pengelolaannya oleh perusahaan tourism, pulau ini menjadi destinasi bagi para petualang pantai dan pemancing ikan di perairan dangkal. Semilir angin pantai dan tawaran menikmati air kelapa muda semakin membuat betah disini.
Tak terasa hari menjelang sore dan kamipun harus kembali ke Singkawang, dilain waktu aku akan kembali untuk mengisahkan sisi lain pulau ini....

Category: , ,

Voice of Borneo:
Saya sangat menghargai komentar yang membangun dan bertanggungjawab

1 komentar:

  1. Pulau terkecil di dunia berada di Singkawang
    https://www.youtube.com/watch?v=h3Ra4swDWNw

    BalasHapus